Cara Mudah Mengelola Website

 

"<yoastmark

Mengelola website membutuhkan beberapa tahap yang harus dilakukan. Bukan hanya sekedar berupa tindakan dalam menjaga website agar dapat diakses atau untuk memperpanjang website setiap tahun saja. Mengelola website membutuhkan cara-cara agar kita dapat mengetahui bagaimana bersaing di mesin pencari  atau search engine.

Bagi orang-orang yang masih awam dengan website memang akan terasa tidak mudah. Pemahaman dalam mengelola website bahwa web yang kita miliki dapat menghasilkan juga dapat menjadi motivasi kita.

Tujuan pembuatan website dapat tercapai dengan baik apabila kita tahu apa saja yang harus dilakukan dalam mengelola dan optimasi web kita. Misalnya seperti kepedulian kita terhadap banyaknya kunjungan di setiap di halaman website kita.

Dalam mengelola website apabila terjadi kekeliruan yang terjadi berulang-ulang adalah hal yang wajar bagi pemula. Saat kita sudah sering berlatih dalam mempelajari dunia website, maka akan menjadi hal sangat biasa dan menjadi sesuatu hal yang biasa.

Kenapa kita perlu mengelola website?

 

Para pengguna teknologi saat ini lebih banyak memanfaatkan dunia online. Tidak terkecuali para pengusaha yang memiliki produk barang atau jasa akan memasarkan produk mereka melalui media social. Seperti facebook, instagram, youtube, dan website.

 

Siapapun yang berencana membeli barang atau sedang membutuhkan sesuatu, maka hal pertama yang dilakukan adalah mencari informasi di internet. Dalam hal mencari dan ingin mengetahui dan membeli suatu barang. Orang-orang akan membuka pencarian di media online untuk mendapatkan berbagai sumber informasi terlebih dahulu.

 

Bukan sekedar itu saja, saat ini web yang ada telah hadir dalam berbagai jenis, baik itu blog maupun web yang dikelola menggunakan wordpress. Dengan memanfaatkan kondisi seperti ini, dari web saja kita bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

 

Sehingga dalam mengelola website kita harus tepat dalam membuat konten agar dapat menarik perhatian pengunjung web dan dapat meningkatkan jumlah pengunjung.

 

Jika semakin hari jumlah pengunjung semakin bertambah, maka akan mempengaruhi trafik web yang kita miliki.

BACA JUGA  DAFTAR SEKARANG | Workshop Robotika Gratis di Kota Kamu

Pentingnya Mengelola Website

 

Mengelola web sangat penting pemanfaatan teknologi digital online dengan prospek kedepannya sangat berpengaruh pada perkembangan web. Website yang berkembang  dapat didaftarkan pada platform yang dapat memberikan penghasilan bagi pemilik web itu sendiri.

 

Maka dari itu, mengembangkan website merupakan langkah terbaik yang dilakukan dalam mengelola web dengan mudah agar menjadi halaman yang diincar oleh pengunjung. Anda dapat menawarkan sesuatu yang ingin anda jual, misalnya produk atau jasa yang anda tawarkan.

 

Cara Mudah Mengelola Website bagi  Pemula

 

Langkah pertama yang perlu kita lakukan dalam mengelola website adalah sebagai berikut:

 

  1. Menulis Konten Relevan

 

Apabila telah memiliki website, baik pribadi atau pun sebagai web perusahaan produk/jasa milik anda. Anda perlu tahu apa saja konten yang akan dimasukkan kedalam website anda. Memang dalam pembuatan konten yang akan Anda publikasikan harus saling berhubungan satu sama lain.

Konten artikel yang relevan bertujuan agar topik pembahasan dalam web terjaga. Kesesuaian topik pembahasan akan berpengaruh pada pencapaian target calon pengguna produk yang anda jual atau hanya sekedar pembaca di web anda. Jika anda mempromosikan suatu produk/jasa maka konten yang perlu disajikan dalam website adalah artikel yang berhubungan dengan produk atau jasa tersebut.

Dengan demikian, calon peminat dari produk yang anda jual akan mengunjungi website untuk mendapatkan informasi yang relevan. Anda dapat mempromosikan produk atau jasa tersebut dengan lebih detail dan leluasa.

Bukanlah hal yang mudah bagi pemula dalam mengelola konten yang relevan/ saling berhubungan. Saat membuat konten pada awalnya anda biasanya akan merasa kesulitan. Tetapi, jika anda rutin membuat content seiring berjalannya waktu akan membuat anda terbiasa. Semakin banyak jumlah content (Artikel) yang relevan dengan topik yang membahas tentang pengenalan produk atau jasa yang anda miliki. Maka Anda akan dengan mudah mengait-ngaitkan artikel yang baru saja anda buat dengan artikel lama, bahkan anda akan menemukan ide baru untuk membuat judul artikel yang baru.

Cara yang mudah dalam membuat artikel dalam jumlah yang banyak dan relevan adalah dapat mencari referensi dari web lain. Artikel milik orang lain yang telah di posting sebelumnya membahas hal serupa dengan produk anda. Anda dapat menemukan ide dan dengan artikel tersebut anda dapat memilah pembahasan pada artikel anda dengan topik yang berkaitan. Anda dapat mengumpulkan artikel yang relevan lalu membuat artikel yang baru dengan menggunakan bahasa anda sendiri.

  1. Selipkan Gambar yang Menarik Pada Artikel

Gambar yang menarik dapat meningkatkan niat pengunjung dalam memilih artikel yang akan dibaca. Gambar dapat memberikan gambaran dari maksud dari tulisan  dalam web anda. Dengan gambar yang anda upload dapat memperjelas tujuan dan maksud  dari artikel dan penawaran produk atau jasa yang anda miliki.

BACA JUGA  Robotika | Ayo Daftar Workshop Robotika Gratis di Masohi Kontak 08115995950

Hal tersebut tentu saja sangat berdampak positif bagi optimasi web anda. Pemberian gambar yang menarik dan mudah dipahami dapat mengakibatkan sasaran pembaca Anda dengan mudah tercapai

Sisipan gambar berupa sebuah promosi produk, maka dengan  membuat tampilannya semenarik mungkin akan meningkatkan minat calon pembeli. Pada umumnya orang akan melihat sampulnya, baru kemudian melihat isi artikel.

Sehingga penting dalam publikasi gambar untuk dibuat menarik, dengan demikian peluang untuk diklik oleh pengunjung melanjutkan kunjungan akan lebih besar pula.

Namun demikian, dalam mengupload gambar bukan hanya dari tampilannya yang menarik saja yang diperlukan. Size atau ukuran gambar juga perlu diperhatikan saat mengupload gambar yaitu ukuran yang tidak besar agar loadingnya tidak lama.

Selain itu, gambar perlu diisi dengan lengkap diantaranya judul, caption, alt, description secara lengkap sehingga mudah deindex oleh pencarian.

BACA JUGA BUKA KELAS ROBOTIKA MURAH, TRAINING MENGOLAH WEB

 

  1. Rajin Memposting Artikel Secara Berkala

 

Publikasi artikel secara berkala bisa meningkatkan posisi artikel anda pada pencarian. Apabila tulisan telah terindex oleh pencarian maka posisi content anda dapat menempati rangking pertama google. Dengan memposting artikel yang sebanyak-banyaknya saja belum cukup jika isi artikel tersebut tidak berkualitas. Manajemen konten yang tersusun dengan baik akan meningkatkan kualitas content.

 

  1. Rutin Mengevaluasi Website

 

Apabila konten yang diposting telah banyak. Hal ini mempengaruhi jumlah pengunjung pada website dan akan mudah terindex mesin pencari. Rutin dalam Evaluasi website merupakan cara mengelola website bagi pemula.

Jika menggunakan wordpress dalam pengoperasian web, maka anda dengan mudah dapat menginstall Search Console dan Google Analytics pada plug in anda.

Dengan memfungsikan plug in tersebut maka Anda akan meng update dan mendapatkan informasi mengenai website. Plug in tersebut akan memberikan laporan mengenai kualitas Search Engine Optimization (SEO) dari website.

BACA JUGA  Kursus Praktek Robotika dan Teknologi Segala Usia Kota Samarinda Kalimantan

Kualitas SEO pada tulisan atau website sudah baik, maka dapat memanfaatkan Google Analytics dalam mengevaluasi perkembangan jumlah pengunjung web anda. Dengan menggunakan google analytics diketahui secara detail berapa jumlah pengunjung di web.

Google Analytics  ini mempermudah dalam menganalisis keberhasilan optimasi yang web yang Anda miliki. Hal ini akan ditampilkan oleh google analytics dengan besaran trafik serta posisi halaman pada mesin pencarian di google.

Mengelola website perlu banyak percobaan yang dilakukan karena setiap web memiliki kasus yang berbeda-beda. Analisis web dilakukan oleh mesin pencari berupa robot sehingga tidak ada cara yang baku atau pasti dalam optimasi web.

Ikuti Kami di:

Web              @Orobot.id

Instagram     Orobot

Youtube       Orobot Official   

Facebook     ProActionPalu

 

Hubungi Kami di:

Arfin Oihu, Marketing & Branding Online ( +6281243329831 )
Aisyah Welina, Marketing & Branding Online ( +6282344342202 )
Amsulistiani, Owner Roemah Robot ProAction ( +628115995950 )
Vhia, Admin Roemah Robot ProAction ( +6285299553716 )
Ajir, Web Administrator Roemah Robot ProAction+6285396957598 )
Fitra, Content Creator Roemah Robot ProAction +6285341179538 )

Baca Juga Artikel kami:

 

Lowongan Kerja 2020 di Balikpapan, Kalimantan Timur. Basmi Pengangguran di Indonesia

 

TRAINING UNTUK KELAS KARIR 3 BULAN 

Sejarah Roemah Robot ProAction

 

 

Like this: