Cara Kerja Kapal Pesiar

Cara Kerja Kapal Pesiar Dari Nol Sampai Berangkat. Seperti kebanyakan kita yang kebingungan harus mulai dari mana ketika menginginkan sesuatu, atau saat ada cita cita. 

Syarat Bekerja Kapal Pesiar
Syarat Bekerja Kapal Pesiar

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang bercita cita berangkat kerja ke kapal pesiar. Usia bukan kendala, bagi yang di usia di atas 30, kita sama, saya juga baru memulai di usia ini. Namun sangat direkomendaiskan untuk yang baru lulus SMA atau SMK atau sederajat.

Apa yang harus anda siapkan agar bisa bekerja di Kapal Pesiar Dunia:

  • Tekad yang bulat. Bagi saya, somehow ini adalah yang utama. Oleh karena itu pastikan ini adalah salah satu cara anda untuk mencapai cita cita, seperti keliling dunia dapat gaji misalnya, atau ingin sekalian cari jodoh bukan orang Indonesia misalnya. Apapun itu, pastikan anda memiliki tujuan yang harus tercapai.
  • Uang pendidikan dan pelatihan. Estimasi adalah 15 juta untuk biaya pendidikan selama 9 bulan (sekolah biasanya menyediakan asrama, seragam dan menyertakan bahasa inggris percakapan bagi pelaut secara gratis termasuk dalam biaya ini. Biaya tersebut sudah maksimal untuk pendidikan 9 bulan. Tidak ada biaya tambahan lagi ke sekolah/institusi) –> Referensi: Dari 3 Sekolah Kapal Pesiar dan Agency Terpercaya di Indonesia
  • Waktu belajar dari nol sampai berangkat, untuk jaga jaga amannya adalah 2 tahun, dari proses belajar sampai berangkat. Meskipun tidak sedikit yang butuh waktu tidak sampai setahun

Syarat Umum Bekerja di Kapal Pesiar Dunia

Pada umumnya, berikut adalah syarat untuk mendaftar bekerja ke Kapal Pesiar:

  • Minimal Ijazah SMA atau sederajat, Ijazah S1 atau Diploma juga sangat OK
  • CV (Curriculum Vitae) –> Sertakan pengalaman kerja yang relevan
  • Sertifikasi Kepelautan (BST, CCM, SAT, Rating (bagi yang di deck atau engine) –> Biasanya bisa menyusul ketika sudah jelas statusnya lulus interview

Begini Prosedurnya jika ingin mulai bekerja ke kapal pesiar dan memulai dari 0 skill 0 pengetahuan:

  1. Minimal sudah Punya Ijazah SMA SMK atau sederajat
  2. Lanjut ke Sekolah Hotel Kapal Pesiar Yang Punya Link ke Kapal Pesiar Serta Jaminan Penyaluran (Jangan ke sekolah atau institusi yang tidak memiliki record bagus, searching testimoni sekolah mereka di google)
  3. Setelah pendidikan dan magang yang relevan dengan posisi di atas kapal (biasanya sekolah yang akan aturkan perusahaan magang), sekolah akan arahkan untuk interview dengan pengelola atau agency kapal pesiar (semuanya sekolah yang akan aturkan jadwal dan persiapannya)
  4. Lulus Interview, maka bisa lanjut urus dokumen pelaut, agency akan mengarahkan (tanpa biaya apapun)
  5. Berangkat Onboard Kapal Pesiar sesuai jadwal
  6. Hidup di Atas Kapal Pesiar Sebagai Crew

Enam langkah sederhana tersebut sangat mudah dan sederhana bagi yang memiliki cita cita dapat bekerja di kapal pesiar sambil kerja juga keliling dunia. Dan selamat berlayar dan keliling dunia dengan kapal pesiar.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *