Cara Jitu Mengelola Website Bagi Pemula

 

Cara Jitu Mengelola Website Bagi Pemula
Website adalah salah satu media dalam pemasaran atau perkenalan suatu produk atau jasa. (Foto: ProAction)

Cara mengelola website adalah suatu tindakan untuk menjaga website kita dapat diakses dengan baik. Bukan  hanya sekedar memperpanjang website setiap tahun. Mengelola website lebih dari itu, untuk mengelola website kita membutuhkan cara-cara jitu yang mudah bagi pemula. Kita perlu mengetahui bagaimana cara untuk mengelola website khususnya agar bisa bersaing di mesin pencari  atau search engine.

Bagi anda pemula tentu saja perlu banyak pemahaman agar dalam mengelola website tidak mengalami kesulitan. Agar website yang anda miliki dapat menghasilkan atau minimal tujuan pembuatan website dapat tercapai dengan baik. Tujuannya misalnya seperti banyaknya kunjungan di setiap halaman ataupun meningkatnya pelanggan dari produk yang anda tawarkan di website.

Rupanya dalam mengelola website bagi pemula bukanlah hal yang sulit. Bagi anda pemula sebagai pengguna baru website mungkin anda akan ragu dan kebingungan pada awal mengoptimasikan website anda.

Memang dalam hal ini diperlukan cara jitu dan langkah yang tepat dalam mengelola website. Apabila terjadi kesalahan berulang-ulang, bagi pemula ini adalah hal yang wajar. Ketika anda sudah sering berlatih maka mempelajari dunia website ini akan menjadi hal yang biasa dan anda akan terbiasa.

Kenapa kita perlu cara jitu dalam mengelola website?

Seperti yang dapat kita lihat kondisi saat ini. Para pengguna teknologi lebih banyak memanfaatkan media online seperti media sosial facebook. instagram, youtube, tidak terkecuali website. Dalam hal mencari dan ingin mengetahui sesuatu, orang-orang akan membuka pencarian di media online untuk mendapatkan berbagai sumber informasi.

Bukan hanya itu, saat ini kita dapat melihat semua web yang ada kini dalam berbagai jenis, baik itu blog atau wordpress. Jika Anda dapat memanfaatkan kondisi seperti ini, dari web anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Oleh karena itulah, dalam mengelola website anda harus tepat agar konten yang ada menarik perhatian orang, sehingga web memiliki banyak pengunjung.

Semakin hari pengunjung anda semakin banyak, maka akan mempengaruhi trafik web yang anda miliki.

 

Baca juga Belajar Robotika Dengan Harga Terjangkau

 

Apa Pentingnya mengelola website dengan cara jitu?

Mungkin beberapa orang akan menganggap mengelola website tidak begitu penting. Dengan alasan tidak begitu suka atau tidak  paham dengan hal-hal yang berhubungan dengan  digital atau teknologi.

BACA JUGA  Seaman | When German Dont Understand What Is Water For In Toilet

Namun ternyata jika dipandang dari sudut pemanfaatan digital online prospek kedepannya sangat penting pada sebuah website. Hal yang harus Anda perhatikan setelah membuat website baru adalah bagaimana cara mengelola website.

Perlu anda ketahui bahwa sebuah web yang berkembang, web dapat didaftarkan ke platform yang memberikan biaya untuk anda.

Mengembangkan website adalah langkah utama yang baik anda lakukan dengan  menerapkan cara jitu mengelola website bagi pemula.

pada awalnya anda akan merasa sedikit kesulitan dan bingung, tetapi jangan segan untuk terus mencoba. Di internet pun banyak menyediakan cara-cara dan langkah mengelola website yang baik.

Cara Jitu Mengelola Website bagi pemula

Bagi pengguna website pemula seperti anda berikut poin yang menjadi langkah pertama dan utama untuk mengelola website yang bisa Anda lakukan.

  1. Menulis Konten yang Relevan

Ketika Anda sudah memiliki website pribadi atau anda akan rencanakan sebagai web erusahaan untuk produk/jasa yang akan anda tawarkan. Maka Anda telah tahu apa saja konten yang akan diisi dalam website anda. membuat konten yang Anda publikasikan usahakan untuk saling berhubungan satu sama lain.

Tujuannya adalah agar dapat menjaga topik pembahasan serta kesesuaian target pengguna atau target pembaca anda. Misalnya jika website Anda mempromosikan suatu produk atau jasa maka konten yang ada dalam website adalah semua yang berhubungan dengan produk atau jasa yang anda tawarkan.

Dengan hal itu, orang-orang atau calon pengguna produk anda akan mengunjungi website mendapatkan informasi yang relevan. Sehingga Anda dapat mempromosikan produk dan jasa yang anda tawarkan dengan lebih leluasa.

Memang dalam mengelola konten bukanlah hal yang mudah bagi anda pemula.

Dalam pembuatan konten pada awalnya anda akan merasa sedikit kesulitan terutama saat membuat konten yang saling terkait. Meski demikian, seiring berjalannya waktu anda akan terbiasa. Semakin banyak artikel yang relevan dengan topik yang berisi produk atau jasa. Maka Anda akan dapat dengan mudah mengaitkan artikel yang baru anda buat dengan artikel sebelumnya dan rencana judul baru artikel.

Tips jitu dalam pembuatan artikel yang banyak dan relevan adalah, anda dapat mencari referensi dari web lain yang membahas hal serupa dengan produk anda. kemudian anda dapat menyeleksi dan mendapatkan ide baru dari blog atau web orang lain. Anda dapat mengumpulkan artikel yang relevan kemudian membuat yang baru dengan bahasa anda sendiri dari sumber yang berbeda-beda

BACA JUGA  Kursus Praktek Robotika dan Teknologi Segala Usia untuk Maluku dan Papua

 

Artikel Yang Boleh Dibaca BELAJAR TEKNOLOGI ROBOT

 

  1. Gambar yang Menarik akan disukai pengunjung

Gambar dapat terkandung maksud dan tulisan (artikel yang anda tulis). Anda dapat memperjelas tujuan dan maksud artikel pada gambar. Hal ini bisa berdampak positif, karena apa yang Anda sampaikan dapat dengan cepat dipahami, sehingga sasaran Anda tercapai dengan mudah.

Jika gambar yang disisipkan adalah sebuah promosi produk, maka buat dengan semenarik mungkin. Karena pada umumnya orang akan lebih suka melihat sampul dahulu yaitu gambar yang anda tampilkan, kemudian baru melihat isinya. Sehingga penting membuat gambar yang menarik untuk meningkatkan minat pengunjung. Apabila gambar pada website menarik, maka peluang untuk di klik untuk melanjutkan kunjungan akan besar pula.

cara jitu dalam mengupload gambar yang menarik bukan hanya dari tampilannya. size atau ukuran gambar juga perlu diperhatikan yaitu ukurannya yang tidak begitu besar agar loading pada artikelnya tidak lama. Selain itu, nama pada gambar perlu di isi dengan lengkap dari judul, caption, alt, description secara lengkap agar meningkatkan optimasi website. Jika cara jitu tersebut telah anda lakukan maka gambar anda akan mudah diindex oleh google dan mudah ditemukan oleh orang pada mesin pencarian.

  1. Konsisten dalam Memposting Artikel Secara Berkala

Untuk konsisten dalam memposting artikel memang tidak mudah diwujudkan. Hal ini bisa saja karena adanya kesibukan lain yang tidak bisa ditinggalkan. Suasana hati juga tidak jarang menjadi alasan yang kuat tidak terwujudnya publikasi artikel secara berkala. Artikel terbaru bisa memungkinkan Anda untuk menuliskan lebih banyak lagi kata kunci yang relevan dengan website yang berisi produk/jasa yang anda tawarkan.

Pada sisi optimasi halaman pada mesin pencari seperti google. Publikasi secara berkala bisa meningkatkan posisi halaman pencarian pada rangking pertama. Namun, dengan memposting artikel yang sebanyak-banyaknya juga tidak cukup jika tidak disertakan dengan isi artikel yang berkualitas dengan manajemen konten yang tersusun dengan baik.

BACA JUGA  Calon Pemilu 2019 Yang Terlupakan Namun Terpilih 99% Suara Rakyat

 

Bingung Dalam Mengelola Website? Belum Terbiasa biasanya menjadi alasannya.

 

  1. Mengevaluasi Website

 

Semakin banyak konten yang diposting, semakin menarik konten yang disajikan. Maka akan semakin bagus pula respon dari pengunjung website. Selain itu akan mudah di index oleh sistem pada mesin pencari.

Evaluasi website adalah cara mengelola website bagi seorang pemula yang penting untuk diperhatikan.

Apabila anda menggunakan wordpress maka dengan mudah anda menginstall Search Console dan Google Analytics pada plug in anda. Dengan bantuan plug in tersebut maka Anda akan mendapatkan informasi mengenai website. Search Console akan mengarahkan Anda dengan memberikan laporan terkait kualitas SEO (Search Engine Optimization) dari website Anda atau tulisan anda.

Apabila kualitas SEO dari website yang anda miliki sudah baik, maka Anda dapat memanfaatkan Google Analytics untuk mengevaluasi perkembangan lalu lintas pengunjung web anda. Anda bisa mengetahui secara detail jumlah pengunjung Anda. ada tampilan web anda telah diakses dari negara mana dan menggunakan perangkat apa.

Google Analytics  bisa sangat mempermudah Anda dalam menganalisis seberapa berhasil optimasi yang Anda lakukan. Hal ini ditampilkan dengan besaran trafik dan posisi halaman pada mesin pencari pada google misalnya.

Pada dasarnya memang dalam mengelola website kita perlu banyak percobaan yang tergantung pada kasus masing-masing. Yang bekerja pada mesin pencari adalah robot sehingga tidak terdapat cara yang baku dan pasti apa yang perlu dilakukan dalam optimasi web.

Ikuti Kami di:

Web              @Orobot.id

Instagram    Orobot

Youtube  Orobot Official   

Facebook ProActionPalu

Hubungi Kami di:

Arfin Oihu, Marketing & Branding Online ( +6281243329831 )
Aisyah Welina, Marketing & Branding Online ( +6282344342202 )
Amsulistiani, Owner Roemah Robot ProAction ( +628115995950 )
Vhia, Admin Roemah Robot ProAction ( +6285299553716 )
Ajir, Web Administrator Roemah Robot ProAction+6285396957598 )
Fitra, Content Creator Roemah Robot ProAction +6285341179538 )

Baca Juga Artikel kami:

Lowongan Kerja 2020 di Balikpapan, Kalimantan Timur. Basmi Pengangguran di Indonesia

TRAINING UNTUK KELAS KARIR 3 BULAN 

 

Like this: