Berkenalan Dengan Robot Made In Makassar

Berkenalan Dengan Robot Made In Makassar

Berkenalan Dengan Robot Made In Makassar, tidak banyak yang tahu kalau beberapa anak muda yang tersebar di seluruh penjuru Makassar juga punya para penggiat robotika. Adik adik ini contohnya, selain karena robotika adalah proyek di kampus, saya rasa ini juga bagian dari minat adik adik ini.

bikin robot

 

Baiklah, sesuai tema memperkenalkan robot robot buatan anak anak Makassar, ayok mulai…

  • Robot Amfibi

Robot ini bisa berjalan di darat dan aktif seperti perahu ketika di laut. Konsepnya sederhana, namun ketika dikembangkan dengan lebih serius, ini menjawab masalah transportasi Indonesia yang sebagian besar wilayah Indonesia adalah perairan.

 

Prinsip kerja robot ini akan berjalan di darat dan ketika ke perairan akan mengapung dan dengan bantuan motor di bokong perahu layaknya boat.

Satu masalah transportasi dalam negeri seharusnya bisa teratasi dengan pengembangan ide ini.

 

  • Robot Pemadam Api

Mungkin banyak orang yang akan bilang robot robot sejenis ini cuma lelucon. Ya kalau kita tidak sadar keselamatan. Gak usah jauh jauh, di kapal pesiar, tempat saya bekerja, proyek mengenai api ini nilainya trilyunan, induksi safety drill, fire fighting, dan prepare alat kesiapan mencegah kebakaran dan training belasan juta per orang biar dapat sertifikat fire fighting itu tidak gampang.

Bagi dunia kelautan, pelaut, industri perumahan, proyek mencegah dan mengatasi api malah lebih besar dari rupiah bangun gedung dan kapal itu sendiri.

Apalagi robot pemadam api dari AIMP UNHAS ini katanya sudah pake kecerdasan buatan. For god sake, kalau dikembangkan dan dibungkus lebih rapi dan punya nilai jual, demi neptunus, hanya ini saja sudah bisa bikin negara lain bowing ke Indonesia dalam bidang teknologi.

BACA JUGA  Kompilasi Meme Pulkam Tidak Pulkam, Hanya di Indonesia

 

  • Robot Berjalan

Konsep robot ini sederhana. Berjalan, melangkah, dan melewati melangkahi rintangan. Kalau kata MC di sini, robot ini bisa juga dipakai di industri pertanian bantu petani lubangi tanah dan tanam bibit. Hahahaaha… yaayaayaa… 🙂

Itu dulu dari pameran robot robot buatan anak anak Makassar di artikel kali ini. Masih banyak sebenarnya robot robot made in Makassar, semoga akan lebih baik dan lebih banyak lagi di pameran pameran robot makassar selanjutnya.

 

POSTINGAN LAIN YANG MUNGKIN BERMANFAAT BAGI ANDA

Daftar Workshop Kursus Robotika Untuk Kota Kamu
Belajar Robotika

Leave a Reply