Adakah Inovasi Pelaut Indonesia? Kapal Laut Tenaga Matahari

Adakah Inovasi Pelaut Indonesia? Kapal Laut Tenaga Matahari

Adakah Inovasi Pelaut Indonesia? okeh, emmm, mari kita lihat gambar ini saja dulu.

kapal tenaga surya

 

Itu beberapa kapal rancangan bertenaga matahari dan katanya beberapa di antaranya sudah beroperasi.

Menurut Wikipedia, sudah ada sekitar 14 kapal di dunia yang secara penuh beroperasi dengan tenaga matahari. Dapat dibaca di sini. Mann, baru 14. Menurut saya ini kesempatan bagi banyak inovator.

Dan yang versi Indonesia ada beberapa berikut ini:

kapal laut tenaga matahari

 

Kapal sederhana bertenaga surya buatan ITS, beberapa di antara karya ITS katanya pernah dioperasikan di Surabaya dengan support penuh bu Risma selaku walikota Surabaya, entah bagaimana kelanjutannya sekarang. Intinya sebenarnya kalau difokusi pasti bisa lebih nilainya, entah nilai jualnya ataupun nilai pengembangannya.

 

prototipe kapal ikan tenaga matahari

 

Nah, yang ini barusan saya lihat di pameran Teknik UNHAS di Gowa hari ini. Kapal Ikan tenaga surya oleh teknik perkapalan UNHAS. Meski hanya prototipe tetapi realnya kapal ini sudah pernah dioperasikan dan berfungsi penuh namun sayangnya ketika saya tanyakan tadi, kapal ikan ini kini berada di kampus dan tidak dioperasikan penuh beroperasi sebagai kapal ikan di laut lepas. Semoga ditempatkan di kampus karena hendak ada pengembangan lebih lanjut dan tidak terputus sebagai pajangan pameran saja.

Saya jadi berpikir, benar, kapal adalah transportasi yang sebenarnya paling terbantu ketika bisa memanfaatkan energi matahari sebagai energi bantu di kapal.

 

POSTINGAN LAIN YANG MUNGKIN BERMANFAAT BAGI ANDA

Daftar Workshop Kursus Robotika Untuk Kota Kamu
Belajar Robotika

BACA JUGA  Tantangan Facebook | Apakah Kita Benar Benar Mengenal List Teman fb Kita

Leave a Reply