Dokumen Syarat Nikah Jerman Indonesia 08115995950

Dokumen Syarat Nikah di Jerman

Dokumen Syarat nikah WNI (Warga Negara Indonesia) dengan orang Jerman.

  • Apakah menikah di Indonesia (Kelebihannya, ketika menikah di Indonesia, urusan visa nasional lebih mudah, gratis dan tidak perlu surat jaminan dari Jerman atau Verplichtungserklarung), atau
  • Menikah di Jerman (Jika Menikah di Jerman, dibutuhkan verplichtungserklarung, dan membayar biaya visa sebesar 1.310.000 di kedutaan)

Dokumen Menikah di Jerman

1. Dokumen dengan perlakuan khusus:

  • SKBM (Surat Keterangan Belum Menikah) (KOP KUA untuk muslim, KOP Capil untuk non muslim)
  • Akta Lahir

Syarat ini tidak sama untuk setiap kota di Jerman. Tergantung dari kota tempat tinggal pasangan orang/tinggal di Jerman.

Dokumen di atas harus mendapatkan perlakuan berikut:

  1. Translate ke bahasa Jerman oleh penerjemah tersumpah
  2. SKBM legalisir kementrian agama, kemudian
  3. SKBM harus legalisir kementrian luar negeri dan kemenkumham, kemudian
  4. SKBM harus legalisir kedutaan Jerman

2. Dokumen Biasa Tanpa Perlakuan Khusus

Dokumen di atas yang sudah sampai pada legalisir kedutaan jerman bersama sama dengan beberapa dokumen dokumen Indonesia berikut ini untuk dikirim ke Jerman:

  • Surat Kuasa. Formatnya dari calon di Jerman. Kalau posisi WNI bekerja/tinggal di Jerman, ini tidak dibutuhkan.
  • Copy Passport kita dan pasangan kita
  • Sertifikat Bahasa Jerman (Jika ada. Kalau belum, sebaiknya mulai kursus untuk peroleh Sertifikat A1 dari Goethe)
  • N1-N4 dari domisili WNI yang ditandatangani KUA (Untuk proses dokumen ini dibutuhkan surat muallaf dari WN Jerman jika belum beragama Islam, sesuai agama WNI).
  • Spesimen Tanda Tangan Asli KUA sesuai KOP KUA/domisili di KTP (jika ada dokumen dengan barcode)
  • Rekening Koran Bank 3 bulan Terakhir/Slip Gaji 3 bulan terakhir milik kita
  • Kalau karyawan di salah satu perusahaan Jerman, sekalian kirim juga copy pengalaman kerjanya, kalau enggak, yaa enggak perlu sih.
  • Dokumen dokumen ini bisa berbeda untuk setiap kota di Jerman. Sesuaikan dan konfirmasi lagi ke kota tempat tinggal calon.

Bundle Dokumen Yang Disebutkan di Atas dan Kirim Ke Calon/Anda di Jerman

Di Jerman, silahkan ke kantor capil jerman (standesamt) di kota domisili calon di Jerman untuk menguruskan surat persetujuan menikah. Lama proses biasanya tidak lebih dari dua minggu sejak disubmit dokumen pengajuan nikah, dapat surat persetujuan nikah dari standesamt di domisili WN Jerman. Contohnya seperti ini:

Pendaftaran Pernikahan Jerman

Persetujuan pernikahan dari capil di tempat pasangan di Jerman kemudian akan digunakan untuk pengajuan visa (bagi yang tidak tinggal di Jerman). Untuk ini, akan kita bahas di halaman terpisah di bawah.

Untuk yang memilih menikah di Indonesia, syarat untuk WN Jerman lebih mudah. setelah semua dokumen di atas dikirim ke WN Jerman, dan ybs mendapatkan surat izin menikah dari capil (standesamt) domisili WN Jerman, maka WN Jerman dapat berkunjung ke Indonesia bahkan dengan visa on arrival dan melangsungkan pernikahan di Indonesia.

Dokumen Menikah Beda Agama Tidak Dapat Dilakukan di Jerman Maupun Indonesia

Ada persyaratan dari pemerintah Jerman yang tidak memungkinkan
pernikahan beda agama antara orang Indonesia dan orang Jerman. Solusinya adalah, menikah di negara yang dapat menerima dokumen beda agama, di Singapura misalnya.

Mengurus Visa ke Jerman Bagi Yang Sudah Menikah di Indonesia

Setelah dokumen dokumen di atas clear, pernikahan dapat dilakukan baik di Jerman atau di Indonesia.

  • Untuk menikah di Indonesia, lebih mudah. Calon dapat mengunjungi Indonesia dengan visa gratis berlaku 30 hari.
  • Untuk menikah di Jerman. sebagai orang Indonesia, harus mengurus visa nasional untuk menikah. Untuk ini diperlukan dokumen tambahan.

Mengurus Visa Menikah ke Jerman

Namanya Visa Nasional (Visa D) Untuk Tujuan Kumpul Keluarga/Pernikahan

Setelah semua dokumen di atas berhasil sampai memperoleh persetujuan pernikahan dari capil pasangan di Jerman. Jika akan menikah di Jerman,

Tantangan selanjutnya adalah mengurus visa nasional tujuan menikah di Jerman bagi orang Indonesia. Berikut cara mengurus visa menikah di Jerman di kedubes Jerman di Jakarta:

  • Persiapkan semua dokumen di bawah ini.
  1. Formulir Permohonan Visa D Tujuan Menikah di Jerman Download
  2. Surat Pernyataan Visa D Jerman Download di Sini
Dokumen Syarat Menikah di Jerman
Dokumen Syarat Menikah di Jerman
  • Jika semua dokumen di atas sudah dimiliki, bikin janji temu pengajuan visa ke kedubes Jerman di Jakarta, lewat link resmi kedubes jerman di sini
  • Membawa tersebut sesuai janji temu sesuai syarat2 di bawah dan disusun per berkas, jadi dua berkas dengan masing masing 1 copy dokumen dibutuhkan

Memenuhi janji visa nasional di kedubes Jerman tidak dapat diwakilkan, meskipun pernah memiliki visa schengen sebelumnya.

Waktu dibutuhkan untuk persetujuan atau penolakan visa bisa memakan waktu 2 sampai 8 minggu. Persetujuan visa akan dikirim melalui email.

Ketika visa anda sudah jadi, maka anda dapat membeli tiket ke Jerman dengan ketentuan jadwal tiket berangkat tidak lebih dari 3 bulan sejak visa dikeluarkan. Jangan lupa melapor ke pemerintah Jerman di kota tempat tinggal di minggu pertama tiba.

Baca Juga: Bekerja Belajar di Jerman

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *