Solar Cell Bisa Pakai Sistemnya Indihome, Pinjam Panel Bayar Listriknya Saja

Solar Cell Bisa Pakai Sistemnya Indihome, Pinjam Panel Bayar Listriknya Saja

Solar Cell Bisa Pakai Sistemnya Indihome, Pinjam Panel Bayar Listriknya Saja mengapa penggiat Solar Cell di Indonesia tidak pakai sistemnya Indihome dan PLN saja coba? Solar Cellnya dipinjamkan, bayarnya cuma listriknya saja. Sama seperti Indihome, routernya dipinjamkan, bayarnya cuma internetnya saja. Seperti PLN, genset, gardu induk dan segala macam alatnya diinstal di mana mana, sampai meteran listrik di rumah, kita hanya bayar listriknya saja.

 

Mengapa Solar Cell di Indonesia belum pakai sistem itu?

Jawabannya, peraturan pemerintah yang belum jelas bisa jadi membuat penggiat Solar Cell ragu ragu melakukan hal ini, atau karena belum kepikiran.

Jawaban lainnya lagi adalah jawaban solusi, mengapa bukan PLN yang melakukan ini? Alangkah kena pas bangetnya ketika PLN yang melakukan ini. Saya jadi tahu PLN improve skills karyawan dan lain lain di bidang kelistrikan dengan tidak main main, saya rasa PLN mulai sekarang sudah harus berpikir untuk jadikan solar cell sebagai bagian yang satu di dalam tubuh PLN sendiri.

Saya jadi tahu beberapa gebrakan PLN untuk energi terbarukan tidak main main, banyak pembangkit pembangkit selain diesel di bangun di beberapa titik titik di Indonesia, banyak PLTS PLTS juga dibangun di area area terpencil Indonesia di bawah peraturan pemerintah Indonesia, tetapi sayangnya,,,, untuk PLTS masih pakai jasa kontraktor, dilego sebagai projek bid yang harus diperebutkan.

Hasilnya? Sudah lewat puluhan tahun karena bukan di bawah PLN langsung, pembangkit pembangkit ini mangkrak, dibiarkan begitu saja mati pelan pelan dan masyarakat kembali ke lampu lilin.

Bagaimana tidak, karena perjanjian yang ditandatangani dengan kontraktor untuk PLTS PLTS tersebut hanya sampai 2 tahun, 3 tahun kemudian batrei drop, masyarakat tidak tau apa apa bagaimana maintenance dan operasikan unit di dalam shelter, kontraktor lepas tangan, sudah lewat masa perjanjian, operator yang dipercayakan menjaga pembangkit tenaga matahari desa juga sama, tidak ada skill sama sekali. Dan yang paling fatal? Shelter dibiarkan terinstal tanpa pendingin dengan suhu iklim Indonesia bisa mencapai 36, demi neptunus bagaimana shelter PLTS kecil di desa desa tidak drop sebelum waktunya coba.

BACA JUGA  Things to do in Marseille France as Seaman

 

Solar Panel PLN

Dari hasil pencarian google, tampaknya malah PLN berasa Solar Cell saingan dan bukan bagian dari PLN. Bagaimana kalau PLN ikut saran saya ini dan keinginan banyak orang? masukkan Solar Cell sebagai bagian dari PLN. manage Solar Cell sekarang dan charge ke masyarakat sebagaimana biasanya. Kalau ada peraturan yang menghalangi ini, mudah, PLN biangnya peraturan listrik di negara ini, sudah mereka yang punya kuasa mutlak kelistrikan negara kita.

Bagaimana saya bisa tau ini? Tolong bilang saya sotta dan koreksi beberapa tulisan di sini kalau ada yang tidak valid, informasi saya kumpulkan dari diskusi diskusi dengan teman teman PLN di grup dan temu langsung dengan pengurus solar cell desa juga terutama google dan facebook.

 

POSTINGAN LAIN YANG MUNGKIN BERMANFAAT BAGI ANDA

Daftar Workshop Kursus Robotika Untuk Kota Kamu
Belajar Robotika

Leave a Reply