Pelaut | Cara Berlayar di Kapal Luar Negeri Gaji Dollar Euro

Pelaut | Cara Berlayar di Kapal Luar Negeri Gaji Dollar Euro

Pelaut | Cara Berlayar di Kapal Luar Negeri Gaji Dollar Euro ini pengalaman saya sendiri masbro mbakbro pelaut pelaut handal kita yang di Indonesia.

pelaut indonesia

Baru dua tahun belakangan ini saya kenal dunia pelaut.

Saya bukan lulusan akademi pelayaran juga bukan dari taruni. Dulu bagi saya rasa rasanya mustahil bisa gabung jadi pelaut karena biaya pendidikannya mahal banget cuy.

Tetapi takdir berkata lain, eh malah masuk umur 30 mesti jadi pelaut.

Mungkin teman teman juga bisa pakai cara saya sampai bisa kerja di kapal pesiar milik perusahaan Jerman.

 

  • Mulai dari Departemen Housekeeping di atas kapal

Saya masuk ke dunia pelayaran kelautan itu karena iseng lihat ada sekolah dekat kantor adik di Makassar, saat antar jemput dia di Makassar. Karena penasaran, waktu tunggu adik pulang, saya ke kantornya dan tanya tanya, eh, biaya pendaftarannya tidak mahal, cuma 150.000

Saya daftar dan tes medical checkup 350.000 di rumah sakit ditunjuk, alhamdulillah tidak ada buta warna, tidak ada penyakit berjangkit. Masuk duduk kelas akselerasi.

Semua bermula dari iseng biar ada kegiatan selama di Makassar. Saya sama sekali tidak kenal dan tau bagaimana itu dunia pelaut.

Di kelas itu saya diarahkan dan diajari.

Yaaa karena punya banyak waktu sebagai pengangguran, saya ikuti kelasnya. Waktu itu kami di kelas akselerasi hanya ber enam orang. Saya sendiri perempuan.

Di sekolah itu kan hampir tiap bulan ada agency yang datang untuk interview rekrut ke kapalnya, rata rata kapal luar negeri. πŸ™‚

Jadi enak bawaannya jadi siswa di sana, gak perlu pusing cari cari kapal. Sedih rasanya ketika lihat teman teman di group pelaut banyak cari cari kapal dan kadang dianggurin sampai berbulan bulan bertahun tahun lamanya. πŸ™

BACA JUGA  Pelaut | Cara Mudah Menjadi Pelaut Indonesia di Kapal Asing Gaji Dollar Euro

Kalau seperti itu yaaa betul mending jadi driver online saja. Karena katanya malah pelaut kita di Indonesia ada yang digaji hanya 1 sampai 2 juta sebulan, itupun mesti disuruh bayar cash di muka lagi. Ih jahat betul…

Ah, okeh lanjut gans, tentang bagaimana saya kesasar jadi pelaut.

electrician onboard

 

  • Interview User

Nah, kami yang di kelas akselerasi ber6 itu juga diikutkan interview dengan user dari Jerman. Syukurlah 4 orang lulus, meski 2 lainnya tidak lolos tetapi rasanya ingin juga bikin mereka bisaΒ  gabung. Kelemahannya cuma bahasa inggris dan gugup.

Kalau mereka mau serius, harusnya bisa ambil kelas reguler saja yang genjot bahasa inggris habis habisan sampai bisa. Tetapi ahsudahlah, mungkin karena mereka pikir sudah lelah di umur juga mungkin. Tetapi banyak kok teman2 di sana yang bahkan hampir 40 tahun ketika interview pertama belum lulus, beliau tidak menyerah, bahasa inggris dipermantap, dan… lulus di interview berikutnya, sekarang sudah berkontrak kontrak berlayar sebagai koki.

 

  • Urus Dokumen Pelaut

Nah ketika saya sudah lulus interview user, selanjutnya persiapkan dokumen dokumen pelaut, saya bela belain ke Jakarta biar cepat dokumen pelautnya selesai. Karena katanya kalau bikin di Makassar, masih lama keluar dokumennya.

Dokumen yang diminta waktu itu

BST, CCM, SAT, BUKU PELAUT, VAKSIN YELLOW FEVER

Kurang lebih 4 jutaan lah untuk urus semua dokumen dokumen itu. Saya urusnya di Focus Maritime Centre di Jakarta Selatan

 

  • Setor Dokumen ke Agency

Perusahaan perusahaan asing yang memakai tenaga pelaut Indonesia biasanya menggunakan jasa agency di Indonesia. Nah, lewat sekolah saya di Makassar, dipilihkan agency yang benar benar tanpa calo, tanpa broker, prinsip sekolahnya sangat terhormat disiplin dan jelas yang membuat saya merasa beruntung banget bisa gabung lewat sekolah itu.

BACA JUGA  Dodo is A Kids and Teens Drinks Available For Adults

Mendengar nasib teman teman pelaut Indonesia atau tenaga hotel kapal pesiar dari Indonesia yang banyak kena tipu puluhan juta, miris mendengarnya, untungnya saya kenal sekolah ini sejak awal sehingga tidak harus mengalami kena tipu dan habis banyak duit untuk orang orang yang memanfaatkan tenaga kita dan mereka yang enak enak sebagai broker nikmatin keringat orang lain. Gak adil…

Agency agency pelaut yang direkomendasikan oleh sekolah saya yakni

Alpha Magsaysay Indonesia

 

Benar saja, pengurusan dokumen, interview dan masih banyak lagi terkait kesiapan melaut diarahkan oleh agencynya dengan baik.

  • Naik Kapal Sebagai Tenaga Hotel di Kapal Pesiar

tenaga housekeeping kapal pesiar

Selama 10 bulan kontrak pertama saya sebagai tenaga housekeeping di atas kapal, banyak suka dukanya, awalnya badan semua pegal cuy. Tetapi yaah, eh bisa dijalani, malah fisik jadi tambah sehat meski sudah di usia kepala 3.

 

  • Ganti Departemen di Atas Kapal

Karena saya punya background S1 Teknik Elektro, saya diarahkan ke departemen listri di atas kapal ciuy, dan yaa begini lah, akhirnya resign, pulang ambil ETO di Indonesia dengan harapan naik kembali lagi ke atas kapal sebagai Electrician.

pelaut indonesia

Doakan yaah gaes. πŸ™‚

 

Begitulah perjalanan saya jadi pelaut. Terasa mudah karena saya jalani saja dan tidak ada alasan untuk mengeluh gaes. Bagi teman teman yang ingin tanya tanya, boleh langsung WA saya di tombol WA kanan bawah artikel ini.

Jangan merasa sungkan karena masalah bahasa inggris, bahasa bisa kok dibiasakan. Saya juga awalnya bahasa inggris belepotan, tetapi di atas kapal, asal saling mengerti kok bahasanya, gak perlu grammar, kalau gak saling ngerti bahasa inggris, bahasa tubuh juga bisa dipakai. hehehe…

BACA JUGA  Robotika | Workshop Robotika Gratis di Makassar Kontak 08115995950

Saya menulis ini karena rasa prihatin saya terhadap pelaut pelaut Indonesia yang digaji sangat rendah di negeri sendiri meski dengan sertifikat sertifikat kelautan standar internasional. Itu bikin sedih banget temans.

Ayo, kita cari yang bisa menghargai kita yuk. Kalau di dalam negeri, kita masih belum bisa dapat penghargaan itu, dunia masih luas, masih banyak kesempatan di kapal kapal negara luar dengan gaji berpuluh kali lipat untuk kerjaan yang sama.

Tetapi tetap yah gaes, dengan semua skill dari luar, kita tetap balik untuk bangun negeri kita tercinta Indonesia ini. Karena kalau bukan kita yaa siapa lagi. πŸ™‚

 

POSTINGAN LAIN YANG MUNGKIN BERMANFAAT BAGI ANDA

Daftar Workshop Kursus Robotika Untuk Kota Kamu
Belajar Robotika

Leave a Reply