Cara Menjadi Tenaga Listrik di Atas Kapal ETO ETR STCW III/6 STCW III/7

Cara Menjadi Tenaga Listrik di Atas Kapal ETO ETR STCW III/6 STCW III/7

Cara Menjadi Tenaga Listrik di Atas Kapal ETO ETR STCW III/6 STCW III/7, barangkali banyak yang seperti saya agak kesulitan mendapatkan informasi mendapatkan sertifikasi STCW untuk dapat bekerja di atas kapal berstandar internasional.

 

Baiklah, di sini, saya akan share pengalaman saya. Hal ini masih baru bagi kebanyakan pelaut Indonesia, karena amandemen Manila terbarukan tahun 2017 baru diberlakukan di Indonesia, sehingga kini banyak perusahaan berstandar Internasional di Indonesia berbondong bondong mensertifikasi crew crewnya untuk memperoleh sertifikasi ETO dan ETR ini.

Pertama tama, untuk menjadi tenaga listrik di atas kapal, seorang calon crew harus memiliki spesifikasi listrik.

Mudahnya seperti ini.

  • Jika Memiliki Pengalaman Listrik di atas kapal sebelum tahun 2012, maka anda bisa mengikuti ETO atau ETR Transisi di BP3IP Jakarta atau BP2IP Surabaya, training selama sebulan.
  • Jika Memiliki Ijazah S1 atau minimal D3 Teknik Elektro, memiliki pengalaman atau tidak, wajib mengikuti ETO Penyetaraan selama setahun. Hingga saat ini masih BP2IP Surabaya yang membuka kelas ini, satu satunya di Indonesia.

Yep, hanya dua kemungkinan itu persyaratan untuk menjadi tenaga listrik kapal. salah satunya saja syarat terpenuhi, anda bisa konsultasikan langsung dengan kampus yang saya sebutkan di atas untuk kemungkinan mengikuti kelas yang mana.

 

Lalu, bagaimana dengan yang sudah handle kelistrikan di atas kapal setelah 2012 dan tidak memiliki ijazah yang terkait kelistrikan? sayang sekali, maka jalan yang akan anda tempuh akan sangat panjang untuk ini. Saran saya, sebaiknya rating mesin saja, lebih mudah.

Pemerintah kita belum ada yang mengeluarkan surat keterangan penyetaraan pengalaman listrik setelah 2012 bisa dijadikan pegangan untuk mengambil sertifikasi ETO atau ETR. Satu satunya jalan cuma dua syarat di atas, sudah memiliki pengalaman listrik sebelum 2012 dan atau memiliki ijazah D3 atau S1 Teknik Elektro.

BACA JUGA  Pelaut | Kelas ETO Electrotechnical Officer Penyetaraan Pertama di Indonesia

 

*ETO = Electro Technical Officer atau juga STCW III/6

*ETR = Electro Technical Rating atau juga STCW III/7

 

POSTINGAN LAIN YANG MUNGKIN BERMANFAAT BAGI ANDA

Daftar Workshop Kursus Robotika Untuk Kota Kamu
Belajar Robotika

Leave a Reply