Cara Bekerja ke Jerman Mulai Dari Nol Sampai Berangkat

Cara Berangkat ke Jerman Mulai Dari 0

Cara Bekerja ke Jerman, Berlaku Untuk Kuliah Juga

Belajar dari pengalaman dan trial error, berikut tips lebih mudah agar dapat bekerja dan belajar ke Jerman. Hal paling utama adalah sertifikat bahasa Jerman dari Goethe Institut.

Cara Belajar Bahasa Jerman, Autodidak Maupun Kursus

Apapun pilihan belajar bahasa Jerman, alat belajar otodidak berikut ini semoga membantu:

Bagaimana Menemukan Perusahaan Bekerja di Jerman Yang Menjamin Keberangkatan Sejak di Indonesia

Setelah melulusi B1 dan peroleh sertifikat dari Goethe Institut, lalu bagaimana selanjutnya? Jawabannya sederhana, yakni apply ke perusahaan di Jerman dan tanda tangan kontrak sebelum berangkat ke Jerman.

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk melamar pekerjaan ke perusahaan di Jerman?

  1. Memiliki ijazah SMA SMK atau sederajat (terjemahkan ke bahasa Jerman oleh penerjemah tersumpah)
  2. CV atau riwayat hidup dalam bahasa Jerman

Dari pengalaman, menggunakan jasa agen Ausbildung atau AuPair di Indonesia biasanya lebih murah mudah dan terjangkau serta terjamin daripada harus apply sendiri secara mandiri. Dua syarat tersebut adalah syarat minimum, syarat tambahan dan lain sebagainya tergantung dari perusahaan tempat melamar atau yang akan menerima kerja di Jerman nanti.

Ada dua Contoh kasus berikut ini yang mungkin akan memberikan gambaran keberangkatan bekerja dan Belajar ke Jerman:

  1. Adik saya setelah lulus dan peroleh sertifikat bahasa Jerman dari Goethe, melalui agen Ausbildung Jerman yang ada di Indonesia. CV, terjemahan ijazah, motivation letter, perusahaan tempat bekerja dan kontrak kerja langsung diperoleh setelah beberapa hari sejak sertifikat oleh Goethe dirilis. Urusan administrasi, komunikasi, dokumen dokumen pelengkap dibantu oleh agen. Sampai keberangkatan dan 3 tahun kontrak Ausbildung di Jerman masih terus dengan bantuan, arahan, dan bimbingan agency.
  2. Teman jauh, yang memilih untuk mengurus semuanya sendiri, membutuhkan waktu lebih dari 2 tahun untuk apply ke perusahaan, cari perusahaan sendiri di Internet, mengurus akomodasi, harus bolak balik Jerman untuk interview, dan lain sebagainya. Jerman memang terkenal dengan urusan birokrasinya yang teliti dan tidak bisa nego.

Dari dua kasus yang sudah terjadi di atas, saya merekomendasikan untuk menggunakan jasa agen jika masih belum mengetahui bagaimana Jerman, dan anda bisa melakukan semuanya sendiri jika sudah terbiasa dengan regulasi di Jerman.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *