Bagaimana Membangun Keadilan Bagi Pelaut Indonesia, Ayo Mulai

Bagaimana Membangun Keadilan Bagi Pelaut Indonesia, Ayo Mulai

Seringkali sebenarnya perlakuan tidak adil terhadap pelaut Indonesia malah dialami di dalam negeri sendiri, itu sebabnya banyak pelaut pelaut Indonesia yang lebih memilih bekerja sebagai pelaut di perusahaan asing. Sebagai catatan, perusahaan Amerika, Eropa atau Australia, karena ketika berhadapan dengan perusahaan Cina atau Taiwan, demi neptunus mereka belum mengenal apa itu kemanusiaan dan memanusiakan, jiwa mereka masih jiwa perbudakan.

Ah sudahlah, mari kita skip ketidakadilan oleh perusahaan Cina Taiwan, mereka demikian terhadap kita pun barangkali karena kita sebagai pelaut Indonesia juga memberikan kesempatan.

Agen Agen pelaut di Indonesia banyak yang eksis tanpa training dan uji kelayakan standar International oleh badan dirjen hubla kita di Indonesia, bahkan dan akhirnya dengan demikian membuat broker menjamur dan mengambil kesempatan terhadap pelaut pelaut kita. Sedih. Pelaut yang banting tulang, broker broker yang ambil sebulan dua bulan pertama gaji pelaut kita yang diberi sangat rendah dan tidak layak.

kesejahteraan bagi pelaut indonesia

 

Nah, dan oleh karena itu, saya menulis ini, sebagai bentuk setidaknya ada sumbangsih yang saya berikan, meskipun berawal dari ide, bukankah ide yang membuat banyak rencana terlaksana? Semua berawal dari ide dan diikuti dengan aksi.

Berikut yang terbersit dalam pikiran saya ketika jika hendak melakukan perubahan terhadap nasib pelaut Indonesia.

  • Ada PPI dan beberapa badan lembaga nonprofit pelaut Indonesia yang bisa digandeng untuk melakukan ini
  • Bersurat ke DIRJEN HUBLA, didampingi perkembangannya dan tidak lelah ditanyakan kelanjutan permohonan kita sebagai pelaut Indonesia yang mengharapkan kesejahteraan disesuaikan dengan IMO dan STCW
  • Kita tuliskan dan kumpulkan poin poin kesejahteraan apa yang menjadi keluhan banyak pelaut di Indonesia. untuk disuarakan secara resmi dan dipantau dikawal pelaksanaannya.
BACA JUGA  Pelaut | Cara Berlayar di Kapal Luar Negeri Gaji Dollar Euro

Kalau dari pengamatan saya, berikut hal hal yang harus dipantau dan diperbaiki oleh badan badan dan lembaga yang memfasilitasi pelaut

  • Agen Agen Resmi Pelaut Indonesia harusnya menjadi salah satu pembekalan di kelas dan diklat pelaut atau penyelenggara training pelaut seluruh Indonesia. Agen agen resmi ini dilist dalam bentuk flier atau aplikasi sebagai salah satu pegangan pelaut ketika lulus training/sekolah pelaut
  • Selain dari Agen resmi yang diterbitkan oleh DIRJEN HUBLA bekerjasama dengan beberapa badan pelaut Indonesia, wajib dilaporkan untuk ditindaklanjuti secara hukum ketika berupaya menjaring pelaut masuk ke agencynya.
  • Standardisasi Agen Penyalur Pelaut Indonesia (baik untuk yang domestik atau International)
  • Dari situs resmi DIRJEN HUBLA, disebutkan bahwa hal terkait kesejahteraan pelaut adalah hasil koordinasi dan kerjasama antara DIRJEN HUBLA dan Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan untuk memfokusi dan menengahi hal ini barangkali di sinilah andil PPI dan atau sejenisnya. Semua diharapkan satu pintu dengan banyak cabang di setiap port di Indonesia.

 

Benar, dari pengamatan saya, kunci kesejahteraan pelaut kita adalah sekolah pelaut yang bisa menjamin karir pelaut pelajar atau peserta diklatnya, dan Agency Agency penyalur pelaut di Indonesia ini sendiri, serta satu badan yang secara khusus dan fokus memantau agar hal ini dilaksanakan oleh tiap tiap badan pelaksana ini.

Semoga bermanfaat bagi pelaut Indonesia dan hal seperti di video ini jangan pernah terjadi bagi pelaut Indonesia lagi. Tolong jangan lagi.

 

 

POSTINGAN LAIN YANG MUNGKIN BERMANFAAT BAGI ANDA

Daftar Workshop Kursus Robotika Untuk Kota Kamu
Belajar Robotika

Leave a Reply